PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN UMKM

Monica Dwipi Salam, Ananta Prathama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan UMKM di Kampung Kue Desa Kalirungkut Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berfokus pada Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan UMKM di Kampung Kue Desa Kalirungkut Kecamatan Rungkut Kota Surabaya dengan menggunakan dasar teori peran Pemerintah menurut Siagian (2018). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan telaah dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data interaktif yang meliputi reduksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan UMKM di Kampung Kue, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Surabaya telah melaksanakan perannya dengan baik sebagaimana yang telah diukur melalui indikator stabilisator, inovator, modernisator dan juga pelopor. Peran yang ditunjukkan oleh Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Surabaya merupakan upaya untuk mengembangkan UMKM yang ada di Kampung Kue melalui berbagai kegiatan agar UMKM di Kampung Kue dapat semakin maju, berkembang dan memiliki daya saing yang tinggi.


Keywords


Peran Pemerintah; Pengembangan UMKM

References


Amalia, M. R. (2018). Analisis Pengaruh Pelatihan, Bantuan Modal, Cara Pengelolaan Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen dan Akuntansi, 10(2)

Budiyanto, A., & Effendy, A. A. (2020). Analisa kebijakan pemerintah Kota Tangerang Selatan terhadap pemberdayaan Koperasi dan UMKM dan dampaknya terhadap pemerataan kesejahteraan masyarakat. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1)

Chalim, M. A., Listyowati, P. R., Hanim, L., & Noorman, M. (2022). Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Koperasi. Jurnal Penelitian Hukum, 01(1)

Karimah, K., Muhtadi, & Kamali, K. (2021). Strategi Penanggulangan Pengangguran Melalui Peran Usaha Kecil Menengah Genting. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 2(1)

Menajang, H. (2019). Pengaruh Investasi Dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Manado. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 16(4).

Miles, M. B., Huberman, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. SAGE Pubkications.

Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1)

Peraturan Walikota Surabaya Nomor 83 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Surabaya.

Sari, G. I., Nurtiani, A. T., & Salmina, M. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di TKS IT MINA Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).

Siagian, S. P. (2018). Administrasi Pembangunan. Bandung: PT. Bumi Aksara

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumadi, M. F (2021). Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah “Handycraft” Limbah Kayu Jati Sebagai Produk Unggulan Kabupaten Bojonegoro. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5),

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. Abdipraja (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Wirawan, I. K., Sudibia, K., & Purbadharmaja, I. B. (2015). Pengaruh Bantuan Dana Bergulir, Modal Kerja, Lokasi Pemasaran dan Kualitas Produk Terhadap Pendapatan Pelaku Umkm sektor Industri Di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4(01)

Yahya, A, & Lubis, D. (2017). Efektivitas Pameran sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bogor. Jurnal Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat,, 1(2)

Yorisca, Y. (2020). Pembangunan Hukum Yang Berkelanjutan: Langkah Penjaminan Hukum Dalam Mencapai Pembangunan Nasional Yang Berkelanjutan. Journal Legislasi Indonesia, 17(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i2.8012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.