PENGEMBANGAN OBJEK WISATA LONTAR SEWU OLEH BUMDesa

Arthemevia Indhawati, Agus Widiyarta

Abstract


Sektor pariwisata yang saat ini sedang banyak diminati masyarakat adalah konsep pariwisata pedesaan, seperti desa wisata. Di Gresik sendiri terdapat banyak sekali wisata yang dikembangkan oleh Pemerintah melalui Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes seperti Desa Wisata Lontar Sewu di Desa Hendrosari. Berawal dari potensi desa yang apabila dikembangkan secara optimal dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyakat Desa Hendrosari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendiskripsikan pengembangan objek Desa Wisata Lontar Sewu oleh BUMDes Hendrosari Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan memilih informan berdasarkan purposive sampling, dan snowball berdasarkan pada informan yang memahami permasalahan pengembangan Desa Wisata Lontar Sewu oleh Pemerintah melalui Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes. Analisis data penelitian menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan objek wisata Lontar Sewu oleh BUMDesa di Desa Hendrosari Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik sudah sesuai dengan teori yang ada dan telah dilakukan upaya-upaya pengembangan dengan baik. Sehingga pada indikator aksebilitas di objek wisata Lontar Sewu dapat menarik pengunjung dan kunjungan wisatawan pun meningkat.


Keywords


Lontar Sewu, Desa Hendrosari, Desa Wisata, Pengembangan Objek Wisata, BUMDesa

References


Badan Pusat Statistik Nasional. (2021). Statistik Infrastruktur Indonesia 2020 (Hasil Pemutakhiran Data Perkembangan Desa 2020). Badan Pusat Statistik.

Nugrahaningsih, P., & Muttaqin, H. (2018). Optimalisasi Peran Bumdes Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Dalam Membangun Desa Wisata. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 1, 1532-1545.

Pamungkas, I. T. D., & Muktiali, M. (2015). Pengaruh Keberadaan Desa Wisata Karangbanjar terhadap Perubahan Penggunaan Lahan, Ekonomi dan Sosial Masyarakat. Jurnal Teknik PWK, 4(2), 361–372.

Suranny, Lilyk Eka. (2021). Pengembangan Potensi Desa Wisata Dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Perdesaan Di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Litbang Sukowati, Vol. 5, No. 1, November 2021, Hal 49-62

Komariah, N., Saepudin, E., & Yusup, P. M. (2018). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pariwisata Pesona, 3(2), 158–174.

Trisnawati, A. E., Haryono, H., & Wardoyo, C. (2018). Pengembangan DesaWisata dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 29–33.

Niningasih, R., & Yuswantoro, E. (2020). The Effectiveness of Breath Relaxation with Balloon Blowing Technique towards Oxygen Saturation of COPD Patients. Jurnal Pendidikan Kesehatan (e-Journal), 9(2), 193-199.

Prihasta, A. K., & Suswanta, S. (2020). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Kaki Langit Padukuhan Mangunan. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 7(2012), 221.

Sedarmayanti & Sastrayudha, Gumelar S. (2019). Pembangunandan Pengembangan Pariwisata. Jakarta. Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i2.8006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.