PENGGUNAAN DANA DESA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INDEKS DESA MEMBANGUN (IDM)

Netra Ekawati, Asdi Agustar, Devi Analia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan dan pemanfaatan Dana Desa di Kabupaten Pasaman Barat dan mengetahui implikasinya terhadap peningkatan Indeks Desa Membangun (IDM) nagari di Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian menggunakan metode studi kasus dengan memilih 3 desa yang tingkat kemajuannya berbeda sebagai kasus. Pada setiap desa yang dijadikan kasus dilakukan interview mendalam terhadap informan dan untuk mendapatkan angka IDM penulis menggunakan data sekunder. Analisis data dilakukan menggunakan statistik diskriptif yang dilanjutkan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian didapatkan, bahwa penggunaan dana desa mulai dari perencaan penggunaan sampai dengan pelaporan penggunaan sebagaimana diatur dalam petunjuk teknisnya, belum sepenuhnya menerapkan prinsip tatakelola keuangan yang baik. Aspek transparansi dan partisipasi masyarakat merupakan dua hal yang sering dikeluhkan. Selain itu, aspek penggunaan secara tertib terutama konsistensi penggunaan sesuai dengan rencana strategis nagari sering menjadi kurang diperhatikan. Angka (Skor) Indeks Desa Membangun (IDM) yang dilihat berdasarkan data sekunder 5 (lima) tahun terakhir pada 3 nagari yang dijadikan kasus penelitian sudah telihat semakin baik. Namun perobahan skor tersebut hanya pada nagari Katiagan yang merobah kategori nagari dari sebelumnya nagari tertinggal berobah menjadi kategori nagari berkembang. Perobahan skor IDM dan kategori nagari ini merupakan konsekuensi dari pelaksanaan pembangunan yang dilakukan pada setiap nagari, termasuk pembangunaan dengan menggunakan dana desa. Oleh sebab itu, dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa adanya dana nagari berimplikasi positif terhadap kemajuan pembangunan nagari dilihat dari Indeks Desa Membangun (IDM).

Kata Kunci: pengelolaan Dana Desa, transparansi, akuntabel, Partisipasi, tertib dan disiplin, Indeks Desa Membangun


References


Akbar, Leon. 2018. Dampak Dana Desa Terhadap Peningkatan Status Desa. [Makalah]. Surakarta. Program Studi Ekonomi Pembangunan Transfer Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sebelas Maret.

[BAKN DPR RI] Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI. 2019. Laporan Hasil Pemeriksaan atas Kegiatan Pembinaandan Pengawasan Pengelolaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2015 s.d. Semester I Tahun 2018 dan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun Anggaran 2018. Jakarta.

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2019. Indeks Pembangunan Desa 2018. Jakarta.

[KEMENDESA] Direktorat Daerah Tertinggal, Transmigrasi dan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. 2016. Laporan Akhir Kegiatan Kajian Penyusunan Instrumen Evaluasi Pembangunan Perdesaan (Lingkup Desa). Jakarta.

Gani, Alifia Octavia A. dkk. 2020. Dampak Penggunaan Dana Desa Terhadap Indikator Ketahanan Sosial, Ekonomi dan Ekologi Desa Tertinggal Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. [Jurnal]. Makassar. Fakultas Ilmu Ekonomi. Universitas Muslim Indonesia.

Gusti, Yenni. dkk. 2020. Pemanfaatan Dana Desa dan Kaitannya dengan Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Pesisir Selatan. [Jurnal]. Padang. Universitas Andalas.

Juliana, Endang. 2017. Efektivitas Pemanfaatan Dana Desa dalam Menunjang Pembangunan Pedesaan di Kabupaten Asahan. [Skripsi]. Medan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara.

Jumiadin dan Sunarwan Asuhadi. 2018. Kajian Aspek Lingkungan Hidup pada Pengukuran Pembangunan Desa di Kabupaten Wakatobi. [Jurnal].

Muhtarom, Nurhadi Kusuma, dan Eri Purwanti. 2018. Analisis Indeks Desa Membangun untuk Mengetahui Pola Perkembangan Pembangunan Desa di Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. [Jurnal].

Nain, Umar. 2019. Pembangunan Desa Dalam Perspektif Sosiohistoris. Makassar: Garis Khatulistiwa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i2.8005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.