PERAN DPRD DALAM MENJALANKAN TUGAS DAN FUNGSINYA DI TENGAH PANDEMI

Wisnu Ardianto, Muhamamd Kamil, Iradhad Taqwa Sihidi

Abstract


Artikel ilmiah ini membahas tentang Peran DPRD Kota Manado Dalam Menjalankan Tugas dan Fungsinya ditengah Pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah DPRD Kota Manado menerapkan tugas dan wewenang dalam pelaksanaan fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan dalam membahas dan menyetujui perubahan RAPBD kota manado 2021 secara efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode deskriptif yang penulis dapatkan melalui kegiatan magang selama 2 bulan. Keberadaan DPRD Kota Manado sebagai lembaga pemerintah yang memiliki kewajiban untuk mewujudkan kesejahteraan daerah. DPRD Kota Manado sebagai garda terdepan dalam menyuarakan aspirasi masyarakat tentunya harus membawa nilai-nilai tersebut dalam menjalankan tugas dan fungsinya, mengingat bahwa kondisi sosial masyarakat yang terdampak covid -19 serta banyaknya pengaduan masyarakat tentang ketidakberesan dalam penanganan covid-19 di kota manado. Hal itu disebabkan tugas dan fungsi DPRD yang tidak sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu DPRD sebagai pemegang kekusaan Legislatif tertinggi di daerah-daerah seharusmya menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebai-baiknya sesuai dengan Undang-Undang yang diatur dalam Pasal No. 32 Tahun 2004.


References


Buku :

Disasmita, Raharjo. 2006. Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan.Yogjakarta: Graha Ilmu.Arikunto, Suharsimi. 2006.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Moelong, L, J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyatno Hempiri, Suprajan. 2003. Pembangunan Masyarakat dari Pembangunan Sampai Pemberdayaan.Yogjakarta: Aditya Media.

Rustopo dan Soegito. 2006. Undang-Undang Dasar 1945 Amandemen. UPT Unnes Press: Semarang.

Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.Sujamto. 1994.Aspek-Aspek Pengawasan di Indonesia.Jakarta: Sinar GrafikaSunarno, Siswanto. 2005.

Jurnal :

https://jkp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKP/article/view/7973/6824 Dasrol Dasrol Tentang Kebijakan Pemerintah Terhadap Penguatan Eksistensi Sistem Pemerintahan Adat. JURNAL KEBIJAKAN PUBLIK Vol. 13, No. 1 2022.

https://media.neliti.com/media/publications/84884-none-23cf7e9a.pdf M. Agus Santoso Tentang Peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Dalam Menjalankan Fungsi Pengawasan. JURNAL HUKUM NO. 4 VOL. 18 OKTOBER 2011.

http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/assiyasi/article/download/8960/4439 Rudi Santoso Optimalisasi Tugas dan Fungsi DPRD dalam Mewujudkan Pemerintahan Bersih. Journal of Constitutional Law. Volume: Vol 1, No 1 (2021). https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/retentum/article/download/712/617/ Mhd Taufiqurrahman. Peran DPRD Dalam Mengawasi Kinerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Medan.

JURNAL RETENRUM, Volume.1 No. 02 Tahun 2020 (Agustus).

Tesis/Disertasi :

“ Fungsi Pengawasan DPRD Dalam Pengelolaan APBD Guna Mewujudkan Pemerintahan Yang Baik Di Kota Makassar” Oleh : Andi Gafriana Mutiah.

Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Good Governance Terhadap Pemberian Hak Atas Tanah Di Kabupaten Enrekang. Oleh: Muhammad Asdhar.

Pembentukan Peraturan Hukum Daerah Yang Demokratis Oleh Pemerintah Daerah Oleh: Drs. Agus Budi Setiyono.

Problematika Pembentukan Peraturan Daerah Yang Partisipatif Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2011 Oleh : Wahyltni, S.H

Internet :

https://manado.antaranews.com/berita/145449/dprd-pemkot-manado-tetapkan-apbd-p-2021.

https://kumparan.com/manadobacirita/rapat-paripurna-dprd-manado-sahkan-apbd-perubahan-2021-1wXqI1XdEgw.

https://bedahnusantaraina.com/2021/09/16/ranperda-apbd-perubahan-2021-kota-manado-di-ketuk/.

https://manadoline.com/disaksikan-wali-kota-wawali-dprd-manado-sahkan-kua-ppas-apbd-perubahan-2021/.

https://swarakawanua.id/pemkot-dprd-manado-sepakati-kua-ppas-apbd-p-2021-produk-pertama-aars/.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i1.7996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.