PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI PUSAT PENGENDALIAN OPERASI PENANGGULANGAN BENCANA

Yan Mahameru, Krishno Hadi

Abstract


Kota Malang sebagai wilayah yang memeliki tingkat kerawanan bencana yang tinggi dan terdampak pandemi COVID-19, memerlukan adannya laporan yang akurat guna meminimalisir resiko terjadi bencana. Informasi yang diberikan dapat menjadi refrensi untuk semua pihak dalam menjalankan program dan kegiatan baik instansi pemerintahan, non-pemerintahan maupun masyarakat. Inforamsi tersebut meliputi penanganan prabencana, saat bencanan dan pasca bencana. Oleh karena itu, keberadaan Pusat Pengedalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) untuk mengelola informasi dan menyebarkan kepada pejabat berwenang serta masyarakat melalui media sosial memiliki subtansi yang urgent. Tujuan pembentukannya adalah agar informasi yang diolah menjadi cepat, tepat, akurat, koordinatif, kooperatif, transparansi dan akuntabel. Sebagaimana pada Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Perka BNPB) Nomor 15 Tahun 2012 tentang Pedoman Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengamanatkan agar dalam melaksanakan tugasnya, kepala pelaksana BPBD wajib membentuk Satuan Tugas Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops). Keberadaan PERKA ini, adalah untuk menjamin ketersedian informasi mengenai kebencanaan yang dperlukan dan sebagi upaya penguramgan resiko bencana. Oleh karena itu, penelitian ini akan secara objektif menelaah lebih jauh melalui kegiatan magang riset yang akan secara detail mengeksplorasi dan menganalisis bagaimana kinerja Pusdalops PB dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai bagian terpenting dalam menyediakan informasi seputar kebencanaan di Kota Malang.


References


Admin, A. &. (2020). Analisis Strategi Komunikasi BPBD Kota Gorontalo Dalam Upaya Penyebarluasan Informasi Penanggulangan Bencana Alam Kepada Masyarakat. Jurnal Sosial Dan Politik, 10-22.

Aminah, A. E. (2020). Analisis Pengelolalaan Logistik dalam Penanganan Darurat Bencana Gempa Bumi di BPBD Kabupaten Sumbawa 2018. Jurnal Mineral, Energi dan Lingkungan , 4 (1), 25-31.

Bencana, B. N. (2019). Tanggap Tangkas Tangguh Mengahadapi Bencana . Bahama Publisher.

Bencana, B. N. (2020). Indexs Risiko Bencana Tahun 2020. Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Bambang Sudaryana, H. R. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. CV Budi Utama.

Harahap, D. N. (2018). Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam. , 257-270.

Lakosa, F. (2019). Analisis SWOT dalam Pelaksanaan Pengelolaan Tempat Evakuasi Sementara oleh BPBD Kota Padang. JESS (Journal of Education on Social Science), 57.

Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Perka BNPB) Nomor 15 Tahun 2012 tentang Pedoman Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

Peraturan Walikota Malang nomor 44 tahun 2014 tentang tupoksi BPBD.

Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Sobandi, P. &. (2019). Pengembangan sumber daya manusia sebagai faktor yangmempengaruhi produktivitas kerja. Jurnal pendidikan mananjemen perkantoran.

Turnip, E. S. (2019). Analisis SWOT Terhadap Kapabilitas BPBD Kota Padang dalam Pengurangan Risiko Bencana di Kota Padang. Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan.

UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

Setiawan, G. (2004). Implementasi Dalam Birokrasi Pemabangunan. Remaja Rosadakarya Offest.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i1.7991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.