KEBIJAKAN VAKSINASI DI INDONESIA DALAM FRAMING PEMBERITAAN MEDIA ONLINE

Tantri Puspita Yazid, Rahmad Arbadilah Damanik

Abstract


Indonesia saat ini masih berjuang melawan Covid-19 untuk pemulihan banyak sektor. Banyak upaya yang sudah coba dilakukan oleh pemerintah, salah satunya adalah dengan menghadirkan kebijakan vaksin bagi masyarakat agar tidak mudah terserang virus Covid-19. Berbagai media online banyak memberitakan hal-hal terkait penggunaan vaksin ini. Setiap media online biasanya memiliki gaya penulisan yang berbeda dalam membingkai sebuah berita yang disampaikan. Sehingga bingkai pemberitaan yang dibuat media online itu dapat mempengaruhi cara pandang dan pola pikir dari pembacanya. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan bagaimana cara media membingkai sebuah berita sehingga pembaca bisa mengikuti pemikiran dari media tersebut, dengan fokus pemberitaan media online finance.detik.com dan lifestyle.okezone.com sebagai sampel yang memuat berita mengenai vaksin di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model analisis framing dari Zhongadng Pan dan Gerald M. Kosicki dengan model framing ini menggunakan empat struktur yaitu Sintaksis, Skrip, Tematik, dan Retoris. Hasil analisis menjelaskan bahwa didalam media online finance.detik.com pada struktur sintaksisnya lebih menekankan pada peran dari pemerintah sehingga dapat membentuk opini positif di muka publik dalam percepatan penanganan Covid-19 melalui kehadiran vaksin. Sedangkan di lifestyle.okezone.com didalam keseluruhan strukturnya lebih menekankan pada peran tenaga medis terkait vaksin sehingga membuka pikiran khalayak untuk percaya dan tidak khawatir dengan vaksin.

Kata kunci: Analisis Framing, Covid-19, Media Online, vaksin


References


DAFTAR PUSTAKA

Alex, Sobur. (2009). Analisis Teks Media, suatu pengantar Analisis wacana, Semiotik dan Analisis Framing, Cet. Ke-5, Remaja Rosdakarya. Bandung.

Salim. Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cipta Pustaka.

Eriyanto. (2011). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media Komunikasi. LKiS Pelangi Aksara.

Farmasetika, M., Farmasi, S., Farmasi, F., Padjadjaran, U., Farmasi, F., & Padjadjaran, U. (2020). Perkembangan Teknologi Terkini dalam Mempercepat Produksi Vaksin Covid-19. 5(5), 204–217.

Fianto, L., & Aminulloh, A. (2015). Analisis Framing Berita Kasus Korupsi Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar di Vivanews. com dan Detik. com. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(1).

Indrawan, R. M. J. (2017). Dampak komunikasi politik dan opini publik terhadap perilaku masyarakat. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 171-179.

KEMKES. (2020). QUESTION ( FAQ ) PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-.

Moloeng Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualiatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Okenews. (2021). Survei LSI : 30% Masyarakat Tak Takut Covid-19, 46% Percaya Vaksin. www.nasional.okezone.com. https://nasional.okezone.com/read/2021/02/22/337/2366434/survei-lsi-30-masyarakat-tak-takut-covid-19-46-percaya-vaksin

Petra, U. K. (2013). ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KONFLIK PARTAI NASIONAL DEMOKRAT ( NASDEM ) DI HARIAN MEDIA INDONESIA DAN KORAN SINDO.

Publik, O. (2020). Jurnal Syntax Transformation. 1(9), 632–640.

Rantai, M., & Wabah, P. (2020). Urnal lobal itizen. 1.

Setiawan, H., & Nulhakim, L. (2019). Analisis Framing Zong Dang Pan dan Gerald M. Kosicki pada Pemberitaan Kasus Dugaan Ujaran Kebencian Habib Bahar Bin Smith kepada Presiden Joko Widodo. Jurnal Artikula, 2(1), 48-53.

Voaindonesia. (2020). Lawan Hoaks Vaksin COVID-19, Pakar Kesehatan: Masyarakat “Enggak Usah Takut.” Www.Voaindonesia..Com. https://www.voaindonesia.com/a/lawan-hoaks-vaksin-covid-19-pakar-kesehatan-masyarakat-enggak-usah-takut-/5717686.html




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i1.7983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.