IMPLEMENTASI EKONOMI POLITIK MEDIA BATAMTODAY.COM DAN BATAMNEWS.CO.ID ERA PERSAINGAN DIGITAL

Suyanto Suyanto, Taslimahudin Taslimahudin

Abstract


Abstrak : Perkembangan industri media tidak bisa terlepas dari persoalan ekonomi dan politik. Meski media merupakan perantara, namun upaya membangun dan membranding media itu sendiri membutuhkan investasi yang lumayan besar. Kepentingan ini dilihat dari sisi ekonomi politik. Metode penelitian dalam tulisan ini merupakan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk menceritakan atau menggambarkan kondisi lapangan atau area populasi tertentu yang jujur sesuai dengan kejadian secara sistematis dan akurat. Hasil penelitian ini melihat bagaimana Batamtoday.com dan Batamnews.co.id melakukan komodifikasi, yaitu: komodifikasi konten, terkait dengan konten media yang akan dibagikan kepada publik, komodifikasi audien terkait dengan rating untuk kepentingan pengiklan, dan komodifikasi pekerja bagaimana karyawan dimanfaatkan oleh kepentingan media. Spasialisasi membahas tentang pendistribusian produk oleh media kepada publik tanpa terhalang oleh ruang dan waktu dengan menggunakan kemajuan teknologi komunikasi dan terakhir strukturasi membahas tentang agen sebagai pembentuk suatu struktur dan struktur membentuk agen, sehingga menimbulkan terjadinya proses produksi dan reproduksi yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Pembahasan ini sesuai dengan teori ekonomi politik media yang diungkapkan Vincent Moscow.

Kata Kunci : Ekonomi politik, media online, digital


References


Agus Muhamad Nadin, AM & Ikhtiono, G. 2019. Manajemen Media Massa Menghadapi Persaingan Media Online, Jurnal Komunika, 3 (1).

Arief, I. S., & Zulkarnaini, Z. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Raskin Dikelurahan Maharatu Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Bahri, H & Masriadi. 2018. Ekonomi Politik Media di Indonesia, Jurnal At-Tanzir,9 (1).

Baran, dkk. 2010. Teori Komuikasi Massa : Dasar, Pergelokan dan Masa Depan, Jakarta: Salemba Humanika.

Effendy, OU. 2011. Ilmu komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Fidler,R. 2003. Mediamorfosis, Yogyakarta: Bentang Budaya.

Inayah,SS. 2015. Aspek Ekonomi, Politik dan Kultural Media Massa, Jurnal Lentera, 9 (2).

Krisnawati, D. 2018. Peran Perkembangan Teknologi Digital Pada Strategi Pemasaran Dan Jalur Distribusi UMKM Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis .6 (1).

Mosco, V. 2009. The Political Economy Of Communication. SAGE Publications Ltd

Mc.Quail, Denis. 2009. Mass Communication Theory. London ; Sage Publication.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Nashrudin, A. 2017. Ekonomi Politik Media : Pada Pemberitaan Pemilukada Banten 2011 Oleh Radar Banten dan Baraya TV, Jurnal Komuniti, 9, (1).

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Parwati, N & Nurzain, AB.2020. Strategi Redaksi dalam Menjaga Keakuratan dan Kecepatan Berita Media Online (Studi Kasus di detiknews.com Jakarta). Jurnal Ilmiah Pemberitaan, 5(1).

Pelican Landri, Pelican. 2018. Menajemen Industri Koran Harian Lokal Dalam Menghadapi Konvergendi Media di Pekanbaru. Tesis, Pekanbaru: Program Pascasarjan - UNRI.

Parahita, A & Rahardjo. 2019. Analisis Isi Tingkat Keberimbangan Berita Rubrik News Dan Showbiz Yang Disajikan Dalam Portal Berita Line Today, Jurnal Interaksi Online, 7 (2).

Re’aini, I & Sulistiana, W. 2017. Industri Media Massa Lokal dalam Tinjauan Manajemen Media Ideal, Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 1 (1).

Shandy, R. & Jhanttan, M. 2020. Komodifikasi Pekerja Lepas di Industri Media Online : Pemanfaatan Community Writers oleh idntimes.com, Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 9 (2).

Sucahya, M. 2017. Manajemen Media Digital, Jurnal Tarbawi, 3 (1).

Sucahya, M. 2013. Ruang Publik dan Ekonomi Politik Media, Jurnal Lontar, 2 (2).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsul & Romli. 2014. Jurnalistik Online; Panduan Mengelola Media Online, Bandung: Nuansa.

Yasir. 2011. Perencanaan Komunikasi. Pekanbaru: Pusat Pengembangan Universitas Riau.

Zulfaningrum, R. 2014. Spasialisasi dan Praktik Konglomerasi Media Kelompok Kompas Gramedia, Jurnal Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi, 2 (3).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i3.7969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.