EFEKTIVITAS PROGRAM RUMAH KHUSUS NELAYAN

Safrizal Safrizal, Mayarni Mayarni

Abstract


Program rumah khusus nelayan adalah program yang berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 20/PRT/M/2017 tentang penyediaan rumah khusus. Rumah khusus nelayan yang dibangun di Kampung Teluk Batil memiliki luas tanah 1,5 hektar dan  dibangun sebanyak 25 unit dikelola oleh pemerintah Kampung Teluk Batil. Dalam rangka menciptakan pelaksanaan program yang efektif maka dibutuhkan proses yang sesuai dengan standar aturan yang ditetapkan. Akan tetapi dalam tahap pelaksanaan program rumah khusus nelayan ini masih terdapat beberapa masalah yaitu adanya masyarakat penerima bantuan yang tidak berprofesi sebagai nelayan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas program rumah khusus nelayan di Kampung Teluk Batil Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, serta faktor penghambat dan faktor pendukung dari program rumah khusus nelayan di Kampung Teluk Batil. Konsep teori yang digunakan peneliti adalah teori efektivitas oleh Mahmudi 2018. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti yaitu kualitatif, dan peneliti melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam melakukan teknik pengumpulan data. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa program rumah khusus nelayan di Kampung Teluk Batil belum dilaksanakan secara maksimal, dikarenakan dari pencapaian beberapa indikator belum sepenuhnya tercapai.

Kata kunci: Efektivitas, Kebijakan, Rumah Khusus Nelayan


References


Buku:

Gibson, et al 1984. Organisasi dan Manajemen Perilaku Struktur Proses. Terjemahan : Djoerban Wahid). Jakarta : Penerbit Erlangga.

Hardani,et al 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Halim, A., & Kusufi, M. S. (2012). Akuntansi sektor publik. Jakarta: Salemba Empat.

Makmur, 2011, Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: PT Refika Aditama.

Moeleong, Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya: Bandung.

Nurcholis, Hanif 2007, Teori dan Praktik Pemerintahan dan Otonomi Derah. Penerbit Grasindo : Jakarta.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Penerbit Grasindo : Jakarta.

Siagian, Sondang P, 2009, Administrasi Pembangunan Konsep Dimensi dan Strateginya, Jakarta : PT Bumi Aksara

Steers, Richard.M.1985. Efektivitas Organisasi (penerjemah Magdalena Jamin). Jakarta : Penerbit Erlangga

Sugiyono.1998. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV.Alfabeta

Taufiqurokhman, and Evi Satispi. 2018. Teori Dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Umj Press 2018. Tanggerang Selatan: UMJ Press.

Terry, G. R., & Rue, L. W. (2019). Dasar-Dasar Manajemen. Bumi Aksara.

Wijaya,C., & Rifa'i, M. (2016). Dasar-dasar manajemen: mengoptimalkan pengelolaan organisasi secara efektif dan efisien.

Jurnal:

Purwaningsih, N. (2018). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Pemberdayaan Santri di Bidang Kewirausahaan (Studi Kasus Pondok Pesantren El-Bayan Bendasari Majenang Cilacap) (Doctoral dissertation, IAIN).

Budiani,N.W.(2007). Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Jurnal ekonomi dan sosial input, 2(1), 49-57.

Febliany, I., Fitriyah, N., & Paselle, E. (2017). Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terhadap Penyerapan Investasi Di Kalimantan Timur (Studi pada Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah Provinsi Kalimantan Timur). Jurnal Administrative Reform (JAR), 2(3), 410-420.

Gammahendra, F. (2014). Pengaruh struktur organisasi terhadap efektivitas organisasi (studi pada persepsi pegawai tetap Kantor perwakilan Bank Indonesia Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2).

Indrawati, K. A. P., Sudiarta, I. N., & Suardana, I. W. (2017). Efektivitas iklan melalui media sosial facebook dan instagram sebagai salah satu strategi pemasaran di krisna oleh-oleh khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), 78-83.

Layaman, L., & Hartati, S. (2009). Studi Efektivitas Pelayanan Publik di Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12(1), 13-33.

Mayarni, M. (2019, October). Implementation Of Dynamic Governance Concept In Regional Government Of Siak Regency. In Iapa Proceedings Conference (pp. 35-45).

Sumantri, I. I., Pikri, F., & Lubis, M. A. (2018). Efektivitas Program Rehabilitasi Sosial Terhadap Gelandangan Dan Pengemis Di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya Cisarua. Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 10(1), 13-24.

Suriyani, E. (2017). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (Ktp-El) Di Kantor Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong. Jurnal PubBis, 1(2), 463-474.

Peraturan:

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 1 tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 20 Tahun 2017.

Peraturan Menteri Perumahan Rakyat (PERA) Nomor 10 Tahun 2013 tentang Pedoman Bantuan Pembangunan Rumah Khusus.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v12i2.7948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.