KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH DI DAERAH UTAMA TUJUAN WISATA

Widi Yaumul Fitri, Amara W. Wibowo, Dwiki Bagus Ariyanto

Abstract


Kota Batu merupakan kota wisata yang banyak dikunjungi turis domestik maupun mancanegara. Keindahannya banyak menarik minat orang untuk mengunjungi kota ini. Namun, dengan banyaknya kunjungan dari turis ini secara langsung mempengaruhi jumlah sampah yang dihasilkan Kota Batu. Oleh karena itu, peran pemerintah sebagai regulator kebijakan untuk mengatur bagaimana dalam proses pengolahannya. Selain itu manajemen sumberdaya yang digunakan harus benar-benar diperhatikan dalam pengelolaan sampah ini.dan pemberdayaan masyarakat juga perlu dilakukan agar mereka dapat mengelolanya secara mandiri. Penelitian yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mengertahui apakah pemerintah Kota Batu telah menyiapkan sumberdaya yang cukup untuk mengelola sampah yang jumlahnya tidak sedikit.


Keywords


Kota Wisata, Pengelolaan Sampah, Pemberdayaan Masyarakat

References


Amir, Muhammad dan Rola Pola Anto. 2018. A Study Policy Implementation of Waste Management inKonawe Regency-Indonesia. Journal of Sustainable Development,11 (1)

Faturrahman, M Taufik. 2018. Manajemen Pengelolaan Sampah Berkelanjutan Melalui Inovasi “Ecobrick” oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

Mulasari SA., 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap terhadap Perilaku Masyarakat dalam Mengelola Sampah di Dusun Padukuhan Desa Sidokarto Kecamatan Godean Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Kemas, 6 (3).

Muttaqien AR, Sugiyantoro, 2014. Indentifikasi pengelolaan sampah kota Bandung (studi kasus Komplek Berung Indah, Komplek Perumahan Cibangkong, RW 8 Kelurahan Ciroyom, RW 02 Kelurahan Sukabungah, RW 02 Kelurahan Bina Harapan Cisaranten, dan Kelurahan Maleer).Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 1 (2)

Purnamasari, Ema 2019. Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah pada Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung. Tesis,UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Riswan, Sunoko HR, Hadiyarto A., 2011. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Daha Selatan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 9 (1)

Sarbidi, 2009. Kajian Regionalisasi Tempat P emrosesan Akhir (TPA) S ampah Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus TPA Benowo Surabaya). Jurnal Pemukiman. 4 (1)

Sidarto, 2010.Analisis Usaha Proses Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dengan Pendekatan Cost And Benefit Ratio Guna Menunjang Kebersihan Lingkungan. Jurnal Teknologi, 3 (2)

Suyanto, Edy, dkk. 2015. Model Kebijakan Pengelolaan Sampah Berbasis Partisipasi “Green Community” Mendukung Kota Hijau, Jurnal Mimbar. 31 (1).

Yasa MT, Surayasa N., 2012. Studi Evaluasi Pengelolaan Sampah dengan Konsep 3R (Studi Kasus: Kecamatan Klungkung Kabupaten Klungkung).Jurnal Lingkungan,21 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.11.2.p.105-112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 widi widi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JKP UNRI Indexed by:

     

Colaboration with :

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.