EVALUASI PROGRAM PENINGKATAN PERANAN WANITA MENUJU KELUARGA SEHAT DAN SEJAHTERA (P2WKSS)

Amalia Rahmadani Ilham, Seno Andri

Abstract


Kabupaten Kampar Provinsi Riau telah melaksanakan program P2WKSS, tujuannya untuk mewujudkan keluarga sehat sejahtera dengan perempuan sebagai penggeraknya, namun fenomena dilapangan tidak demikian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2WKSS) di Kabupaten Kampar serta mengidentifikasi faktor penghambat pelaksanaan program P2WKSS di Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh langsung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program  P2WKSS di Kabupaten Kampar masih belum efektif, dimana Kampar terlambat dalam melaksanakan program, tujuan yang diharapkan belum tercapai optimal, perubahan yang terjadi hanya pada aspek kesehatan, namun tidak pada aspek pendidikan dan ekonomi sebagaimana yang diharapkan. Pelaksanaan program P2WKSS juga belum efisien, dimana implementor program belum mampu memanfaatkan waktu dan  memaksimalkan usaha untuk mencapai tujuan program. Pelaksanaan program ini juga masih belum cukup, dimana pelaksanaan program belum mampu memecahkan masalah, justru menimbulkan masalah baru. Hal ini dikarenakan beberapa hambatan seperti keterbatasan sumber daya financial, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, strategi implementor, belum terciptanya komunikasi yang baik, perekrutan warga binaan masih belum selektif, sehingga menjadi sebab tidak tercapainya tujuan dari program P2WKSS. Dapat disarankan program P2WKSS dilanjutkan dengan perbaikan memaksimalkan anggaran penyelenggaraan program serta sinergitas antar penyelenggara dan penerima program.

Keywords


evaluasi, program, peranan wanita

References


Agustino, Leo. 2014. Dasar- Dasar Kebijakan Publik. Bandung: CV Alfabeta.

Anderson, James, A. 1998. Public Police Making: Basic Consep In Political Science. New York: Prayeger University Series.

Creswell, John. W. 2010. Research Desain Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dunn, William, N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Darmayanti.2010.EvaluasiProgram Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP) Studi Kasus Swamitra Mina Pantura Jaya, Cilincing, Jakarta Utara dan Swamitra Mina Mitra Usaha Muara Gembong Jawa Barat. Tesis Mahasiswa Universitas Indonesia.

Dwi Arieska Setyaningrum, dkk. 2019. Evaluasi Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Desa Badang Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang (Studi Pada Sektor Ketahanan Pangan). Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Vol. 7. No. 3.

Heskiela Adi Wibowo. 2017. Dampak Program P2WKSS Terhadap Kesejahteraan Keluarga Miskin di Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Vol.6 No. 3.

Haryono. 2010. Studi Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat: Kasus Program Pengembangan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Bogor. Disertasi Mahasiswa Universitas Indonesia.

Intan Septiani. 2018. Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) (Studi Deskriptif di Desa Binangun Kecamatan Pataruman Kota Banjar). Tesis Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Irene, Astuti Dwiningrum. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Islamy, Irfan. 2004. Prinsip-prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara

Rivai, Veithzal, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lugiarti, E. 2004. Partisipasi Masyarakat dalam Proses Pembangunan. Jakarta: Khanata

Mustopadidjaja. 2009. Manajemen Proses Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: LAN dan Duta Pertiwi.

Rosda, Malia. 2018. Peran Serta Perempuan Dalam Program Terpadu P2WKSS POKJA III di Desa Kertajaya Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Jurnal Agroscience Universitas Surya Kencana. Vol. 6.

Sartana. 2011. Evaluasi Pelaksanaan Program SekolahMenengahAtas BertarafInternasional di Provinsi Lampung Rintisan Tahun 2016. Tesis Mahasiswa Universitas Indonesia.

Subarsono. 2011. Analisis Kebijakan Publik: Konsep Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharto, Edi. 2010. Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Wahab, Solichin Abdul. 2014. Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno, Budi. 2012. Kebijakan Publik Teori, Proses dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS.

Yenchilia Damanik. 2016. Evaluasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Program Pelatihan Keterampilan di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Jurnal Kebijakan Publik dan Manajemen. Vol.5. No. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.11.2.p.89-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 amalia rahmadani ilham, Seno Andri, Hasim As'ari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JKP UNRI Indexed by:

     

Colaboration with :

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.