MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DAERAH

Ernawaty Ernawaty

Abstract


Potensi alam Kabupaten Bengkalis yang masih cukup baik, hutan rawa gambut, pantai dan pulau kecil serta potensi suku melayu asli merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Salah satu dari potensi alam yang terkenal di Kabupaten Bengkalis adalah wisata pantai Teluk Rhu Pulau Rupat. Salah satu objek wisata yang terdapat di Kecamatan Rupat Utara yakni Pantai Pesona. Pantai Pesona Kecamatan Rupat Utara adalah nama yang diberikan masyarakat Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Pantai ini dahulunya memiliki nama yang berbeda-beda sesuai penamaan dari warga masing-masing desa yaitu Pantai Tanjung Lapin, Pantai Tanjung Rhu maupun Pantai Tanjung Punak. Konsep teori yang digunakan pada penelitian ini adalah George R Terry dalam Manullang, yakni dilihat dari fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengum-pulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor penghambat dalam pengembangan objek wisata Pantai Pesona Kecamatan Rupat Utara Kebupaten Bengkalis yakni faktor dana atau anggaran, sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, sampai saat ini objek wisata Pantai Pesona belum dapat memberikan kontribusi PAD terhadap daerah.


Keywords


Manajemen Strategi, Pantai Pesona, Objek Wisata

Full Text:

PDF

References


Akdon, 2009. Strategic Management For Education Management. Bandung: Alfabeta

Allison M, Kaye J, 2005. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Nirlaba. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Bagyono. 2010. Manajemen Strategik Keorganisasian Publik. Bandung: Rafika Aditama

Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen, Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Hugest. 2005. Manajemen Strategi. Bandung: Rekayasa Sains

J, Salusu. 2004. Pengambilan Keputusan Strategic Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Jakarta: Grasindo Widiasarana Indonesia

Kuncoro, Mudrajad. 2005. Strategi Bagimana Keunggulan Kompetitif.Jakarta: Erlangga.

Manullang, 2011. Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Ghalia Indonesia

Nawawi H, 2012. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan. Gajah Mada University Press, Yogyakarta

Nilasari Senja, 2014. Manajemen Strategi itu Gampang. Jakarta: Dunia Cerdas

Pendit, Nyoman S. 2009. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita

Rankuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Perbedaan Kasus Bisbis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Stoner, James A.F. 1992. Manajemen, Jakarta: Erlangga

Sumarno. 2008. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi

Ulbert, Silalahi. 2002. Pemahaman Praktis Asas-asas Manajemen. Bandung: Mandar Maju




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v10i1.7432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.