ADAPTATION AND MITIGATION OF CLIMATE CHANGE BASED ON COMMUNITY EMPOWERMENT

Dadang Mashur, Geovani Meiwanda

Abstract


Kabupaten Bengkalis, salah satu daerah yang paling terkena dampak perubahan iklim. Kecamatan Bantan, abrasi Pantai Kabupaten Bengkalis yang semakin parah setiap tahun hampir 30 cm kehilangan luas lahan. Ini merupakan ancaman bagi ekosistem pantai, kondisi hutan bakau di sepanjang pantai telah rusak. Kerusakan mangrove disebabkan oleh eksploitasi dan eksplorasi oleh perusahaan dan masyarakat sekitar untuk kepentingan ekonomi. Menanggapi hal ini, pemerintah (pusat dan daerah) menciptakan Program Desa Iklim (ProKlim) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan semua pihak dalam melakukan tindakan lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan mengurangi gas emisi rumah kaca (GRK). Kegiatan di ProKlim adalah adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berasal dari masyarakat di Kecamatan Bantan dan institusi terkait. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa masyarakat di Kecamatan Bantan telah menyadari bahwa daerah tersebut mengalami abrasi parah akibat kerusakan ekosistem mangrove dan dampak gelombang laut dari Selat Malaka, di mana masyarakat, dunia usaha dan pemerintah daerah memiliki adaptasi dan mitigasi dalam bentuk memberdayakan masyarakat yang tinggal di pantai untuk melakukan konservasi bakau, pemanfaatan bakau non-kayu, dan membuat kawasan wisata.


Keywords


Pemberdayaan Masyarakat, Ekosistem Mangrove, Kawasan Wisata

Full Text:

PDF

References


Agus Surjono, 2008, Paradigma, Model, Pendekatan Pembangunan, dan Pemberdayaan Masyarakat di Era Otonomi Daerah, Malang: Lembaga Penerbitan dan Dokumentasi FIAUNIBRAW.

Isbandi Rukminto, 2003, Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Mohammad Nazir, 1999, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sedarmayanti, 2003, Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik) Dalam Rangka Otonomi Daerah, Bandung: Mandar Maju.

Sondang P. Siagian, , 2003, Administrasi Pembangunan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2005,Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.

Suwarsono, 2000, Perubahan Sosial dan Pembangunan, Jakarta: LP3ES.

Totok Mardikanto dan Poerwoko Soebiato, 2015, Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik, Bandung: Alfabeta.

Wisnu Hidayat dkk, 2003, Kebijakan dan Manajemen Pembangunan Partisipatif, Yogyakarta: YPAPI.

Wrihatnolo and Nugroho, 2007, Manajemen Pemberdayaan, Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v10i1.7427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.