CITIZEN-CENTRIC E-GOVERMENT PELAYANAN PUBLIK

Dedi Kusuma Habibie

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mempengaruhi berbagai lini kehidupan, termasuk perkembangan sistem pemerintahan. Saat ini pemerintah pusat maupun daerah gencar menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana publik, tuntutan terhadap keterbukaan informasi yang menyeluruh, serta layanan publik berbasis internet akan mempengaruhi sistem birokrasi yang akan datang. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ternyata terlalu cepat berkembang dibanding dengan perkembangan birokrasi. Desakan untuk menyediakan birokrasi yang acceptable semakin masif, tidak hanya pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan melainkan juga memberikan informasi dan pelayanan berbasis masyarakat. Artikel ini menjelaskan peran e-Goverment dalam pelayanan publik, berbagai isu e-Goverment dimasa yang akan datang, dan Citizen-Centric e-Goverment sebagai cara pandang pelayanan publik berbasis teknologi infomasi dan komunikasi. Untuk menjawab berbagai topik tersebut penulis menggunakan pendekatan literatur review serta mengangkat berbagai studi kasus dari berbagai karya ilmiah yang terkait dengan dengan topik yang diangkat.


Keywords


E-Governance, Pelayanan Publik, Citizen-Centric

Full Text:

PDF

References


Åström, Joachim dkk. 2013. Citizen centric e-participation A trilateral collaboration for democratic innovation Case studies on e-participation policy: Sweden, Estonia and Iceland

Alomari, M., Woods, P. & Sandhu, K. 2012. Predictors For E Goverment Adoption In Jordan, Development Of An Empirical Evaluation Based On A Citizen–Centric Approach (vol25) Brisbane. Australia: Emerald Group Publishing Limited

Chakravarti, Bhuden & M. Venugopal. 2008. Citizen Centric Service Delivery Through E Governance Portal. National institute for saint goverment India.

Chen Y.C. dan Daniela Dimitrova. 2008. EGoverment Research: Policy and Managment. Lowa State University.

Djunaedi, Achmad. 2002.Beberapa Pemikiran Penerapan E-Government dalam Pemerintahan Daerah Di Indonesia. Jogjakarta. Seminar FMIPA-UGM

Falih Suaedi dan Bintoro Wardiyanto. 2010. Revitalisasi Administrasi Negara, Reformasi Birokrasi dan E-Governance. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Indrajit, Richardus Eko, Dudy Rudianto, and Akbar Zainuddin. 2007. Electronic Government in Action Strategi Implementasi di Berbagai Negara.

Jeager, P.T., & Bertot, J.C. 2010. Designing, Implementing, And Evaluating UserCentered And Citizen-Centered E Goverment. (C.G. Reddick, Ed.) Hersey : Information Science Reference.

Jho, Whasun. 2005. Challenges for egovernance: protests from civil society on the protection of privacy in egovernment in Kore. Vol 71(1):151–166 [DOI:10.1177/0020852305051690] SAGE Publication (London, Thousand Oaks, CA and New Delhi)

Kasemin, Kasiyanto. 2015.Agresi Perkembangan Teknologi Informasi Sebuah Bunga Rampai Hasil Pengakajian dan Pengembangan Penelitian Tentang Perkembangan Teknologi Informasi. PT Fajar Interpratama, Jakarta.

Keskinen, Auli, & Tuoma Kuosa. 2008. Foundation Of Citizen-Oriented EGovernance Models. Newyork: Hershey: Information Science Refernces.

Kitchenham B. A. and Charters S. 2007. Guidelines for Performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering. Version 2.3, EBSE Technical Report, EBSE-2007-01, Keele University.

Nurhakim, Mochamad Ridwan Satya, 2014. Implementasi E-Government dalam Mewujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Sistem Pemerintahan Modern. Jurnal Ilmu Administrasi STIA LAN Bandung Vol 11 No (3) 2014.

Reitz, J.C. 2006. “E-Goverment” On The American Journal Of Comparative Law. Vol. 54, American Law In The 21st Century: U.S. National Report To The XVII Th International Congress Of Comparative Law (Fall, 2006) Pp 733- 754 Published By: American Society Ofcomparative.,

Seifart, W & Bonham, G. 2001. The Transformative Potential Of E Gov In Transitional Democracies. Proccedings Of The International Conference On Public Asministration In The 21st Century: Concepts, Methods, Technologies, School of Public Administration, Lomonosov Moscow State University.

Supriyanto, Eko Eddya. 2016. Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (IT) Melalui Program Elektronik Goverment dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan: Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah. Tegal

Ulum, Mochamad Chazienul. 2018. Public Service (Tinjauan Teoritis dan Isu – Isu Startegis Pelayanan Publik), UB Press Malang

Parasuraman, A., Valerie A.Z. and Arvknd M. 2005. E-S-Qual: A Multiple – Item Scale For Assesing Electronic Service Quality. Journal Of Service Research, Volume 7, No. X, Month 2005, page : 1- 2 Sage Publications

Purbokusumo, Yuyun, et al. 2016. Reformasi Terpadu Pelayanan Publik (Integred Civil Service Reform) Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kemitraan.

Wibawa, Samodra. 2009. Administrasi Negara Isu-isu Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v10i1.7423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.