MOTIVASI, LOYALITAS, DAN KINERJA

Ardianto ', Mariaty Ibrahim

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui danmenganalisis pengaruh motivasi dan loyalitas terhadap kinerja pegawai pada Dinas PendidikanKabupaten Siak. Penelitian ini mengggunakan teorinya Abraham Maslow untuk melihat motivasiyaitu kebutuhan fisiologikal, kebutuhan rasa aman, kebutuhan akan kasih sayang, kebutuhan akanharga diri dan kebutuhan aktualisasi diri. Kemudian teori loyalitas dilihat dari pendapat Siswantoyaitu taat pada peraturan, tanggung jawab pada organisasi, kemauan untuk bekerjasama, rasa memilikidan suka terhadap pekerjaan. Selanjutnya teori kinerja dilihat dari pendapat Bernardin & Russellyaitu kualitas dan kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas biaya, kebutuhan akan pengawasan danhubungan antar perseorangan. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Siak,dimana yang menjadi populasi dan sampel adalah seluruh pegawai di Dinas Pendidikan KebupatenSiak. Dimana tehnik penentuan sampel yang digunakan adalah tehnik sensus yaitu seluruh populasiyang dimiliki dijadikan sampel dalam penelitian. Dalam melakukan pengumpulan data digunakanmetode observasi dan penyebaran angket kepada sampel penelitian. Setelah data terkumpul kemudiandianalisa dengan menggunakan analisa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwamotivasi yang diberikan didalam organisasi sudah baik, loyalitas yang ditunjukkan sudah baik dankinerja pegawai pada Dinas Pendidikan sudah baik. Pengaruh yang diberikan oleh variabel bebasterhadap variabel terikatnya masih kecil, tetapi tetap membuktikan ada pengaruh. Variabel bebasdengan variabel terikat memiliki hubungan/pengaruh secara simultan dan variabel bebas belumdapat memberikan pengaruh secara parsial atau masing-masing.

Kata Kunci: kinerja, loyalitas, motivasi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v5i3.2236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.