MOTIVASI, DIKLAT, DAN KINERJA PELAYANAN KESEHATAN

Rounald Romieza

Abstract


Penelitiaan ini bertujuan untukmenganalisis pengaruh motivasi dan pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja perawat dalampelayanan kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Pratomo Rokan Hilir secara parsial dansimultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif di mana yang pengambilan sampel memakaimetode Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 48 responden. Hasil penelitian menunjukkanbahwa motivasi dinilai sudah baik, tapi belum optimal seperti yang diharapkan seperti indikatorkebutuhan fisiologis masih adanya pegawai yang menilai rendah. Demikian juga dengan kebutuhanesteem yang dinilai pegawai belum mencapai apa yang diharapkan pegawai untuk dijadikan motivasi.Sementara pendidikan dan pelatihan kerja pegawai dinilai sudah cukup baik, namun hal ini belumsesuai dengan apa yang ditargetkan karena yang diharapkan adalah pegawai dapat menggunakanhasil pendidikan dan pelatihan dalam pekerjaan sehingga hasil pekerjaan lebih efektif.

Kata Kunci: motivasi, pendidikan dan pelatihan, kinerja pegawai, pelayanan kesehatan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v4i2.2210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.