PELAKSANAAN PROGRAM DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS)

Hetti F. Manurung, Achmad Hidir

Abstract


Penelitian inimendeskripsikan analisis program BOS pada tahap pelaksanaan dan mengidentifikasi hal-halyang menjadikan analisis program sebagaimana ditemukan di Sekolah Dasar (SD) Yayasan BinaMitra Wahana Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Datadikumpulkan dengan wawancara dan selanjutnya dikategorisasikan menurut kategorisasi tahapanimplementasi. Hal-hal yang mempengaruhi implementasi dikaji dengan mengadopsi model evaluasi.Model evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah pelaksanaan program sesuai dengan standar-standar pelaksanaan program yang telah ditetapkan. Selanjutnya variabel komunikasi, sumberdaya,disposisi, dan struktur birokrasi (Edward, 1980) digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yangmendukung dan yang menghambat implementasi BOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwaimplementasi program BOS pada tahap pelaksanaan secara umum diwarnai oleh beberapa praktikyang kurang sesuai dengan ketentuan dalam Panduan Pelaksanaan BOS 2009. Selain itu secaraadministratif pengelolaan BOS di sekolah belum transparan dan sikap yang kurang positif daripengelola sekolah.

Kata Kunci: pelaksanaan program, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), transparansi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v4i2.2203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.